TNI Bantu Petani Belitung Tanami Padi 10 Hektare

Belitung, Babel, – Komando Rayon Militer 01 Tanjung Pandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu Kelompok Tani Suka Makmur di Dusun Air Serku mengelola dan menanami padi seluas 10 hektare sawah, sebagai upaya TNI meningkatkan produksi beras di daerah itu.

“Kita tidak hanya mendampingi, tetapi juga langsung pengelolahan lahan sawah secara manual mengunakan cangkul,” kata Babinsa Desa Air Saga, Serka Suminto seizin  Danramil 01 Mayor Inf Trijoyo di Tanjungpandan, Selasa.

Ia mengatakan prajurit Koramil 01 bersama petani penuh semangat turun ke sawah menanami berbagai jenis tanaman padi diantaranya mekongga, ciherang dan inpari, guna mewujudkan Belitung swasembada beras dan kesejahteraan petani daerah itu.

“Lahan seluas 10 hektare ini harus ditanami padi dan selalu dipelihara terus menurus oleh poktan Suka makmur secara bersama-sama PPL setempat,” ujarnya. 

Menurut dia saat ini bersama dengan para petani  Masad, Budi, Asis dan petani lainnya sedang melaksanakan pengelolahan tanah lahan sawah yang dipersiapkan tahap pembibitan padi dan untuk masa tanam April sampai September tahun ini.

“Ada bermacam jenis bibit padi yang akan ditanam di lahan ini seperti mekongga, ciherang dan inpari yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing dari bibit ini dan penanaman padi ini akan dilakukan setelah tahap pengelolahan serta pembajakan lahan,” katanya.

Ia menambahkan untuk pembajakan lahan sangat didukung oleh Air Irigasi yang cukup lancar mengingat masih musim hujan. Sedangkan untuk rencana pembajakan lahan Sawah akan dimulai pada Rabu (20/11).

“Doa kita bersama semoga apa yang dilakukan bersama kelompok Tani Suka Makmur berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan,” ujarnya.

Sementara itu, Masad salah seorang petani mengatakan Babinsa Desa Air Saga, Suminto yang selalu hadir di tengah tengah petani di sawah ini dan selalu menjadi motivator bagi rekan rekan petani.

“Saya atas nama Kelompok Tani mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada TNI yang selalu membantu petani mengelola sawah ini,” ujarnya (Ant)